Ade Kurniawati

Seorang guru BK yang ingin selalu menulis. Karena dengan tulisan, saya menjadi ingat kejadian yang telah dialami....

Selengkapnya
Navigasi Web
MPLS Daring di Hari Pertama
Jadwal Kegiatan MPLS Daring SMA Negeri 5 Sijunjung T.P. 2020/ 2021

MPLS Daring di Hari Pertama

(138)

Hari ini, Kamis, 16 Juli 2020 telah diadakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings. DIjadwalkan dua pemateri akan menyampaikan tentang tata tertib aturan sekolah dan peraturan akademik di SMA Negeri 5 Sijunjung. Kegiatan akan dimulai pukul 09.00 WIB dan akan berakhir pukul 11.00 WIB. Saat mau memulai kegiatan, rupanya listrik padam. Alhamdulillah, laptop yang akan digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan materi sudah terisi baterainya. Hal ini tidak menimbulkan hambatan bagi panitia untuk membuka aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Awalnya, host mendaftarkan kegiatan melalui aplikasi ini agar bisa mengundang siswa lewat tautan yang diperoleh. Dalam proses memberikan link melalui grup WA, listrik hidup. Salah satu panitia membuka layar proyektor agar guru mengetahui proses MPLS. Saat kegiatan akan dimulai, sudah lebih dari separuh siswa yang ikut. Jumlah siswa yang mendaftar adalah 180 siswa. Ada juga siswa yang tidak memiliki HP dan tidak memiliki pulsa paket mengunjungi teman terdekat yang memiliki paket data. Tentu saja, sekolah tetap menghimbau untuk menjaga protokol kesehatan sepanjang mereka mengikuti MPLS bersama teman di rumah.

Kegiatan MPLS daring juga diselingi perkenalan diri dati setiap guru dan staf pegawai di sekolah. Tak lupa pula ice breaking ditayangkan pada sela-sela kegiatan. Hal ini bertujuan agar siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti kegiatan ini. Selain itu, siswa juga disuguhkan materi yang disampaikan perwakilan guru. Siswa dapat melihat materi melalui share screen yang dipandu host.

Selain menyampaikan materi pokoknya, pemateri juga menjelaskan tentang visi sekolah. Harapannya, siswa memahami dan dapat menerapkan hal yang tertuang dalam visi sekolah itu. Di samping itu, siswa juga dibelajarkan tentang PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Sebab, Kabupaten Sijunjung masih dalam zona kuning berdasarkan informasi petugas garda terdepan covid-19. Sesuai dengan instruksi Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, sekolah belum boleh melakukan pembelajaran tatap muka apabila daerahnya belum dalam zona hijau.

Namun, kendala di lapangan tetap tak terelakkan. Beberapa siswa yang jahil melakukan coret-coretan di tampilan share screen pemateri. Host tak bosan-bosannya mengingatkan siswa agar tak melakukan hal yang tidak penting. "Nanti akan dibuka sesi tanya jawab," terang host. Dalam MPLS hari ini diperoleh pengalaman baru yaitu serba-serbi dalam penggunaan zoom cloud meetings. Selain itu, bentuk apresiasi yang luar biasa juga diberikan kepada para siswa yang dengan fokus dan tenang dapat mengikuti kegiatan MPLS daring mulai awal sampai selesai. Semoga kegiatan MPLS hari kedua bisa lancar seperti hari ini. Aamiin...

Sumpur Kudus, 16 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga MPLS daring berjalan dengan baik. Anak anak bs kmbali bljr di sekolah. Keren bu penjelasannya sukses terus ya

16 Jul
Balas

Keren Bu

16 Jul
Balas

Mantap kegaitan MPLSnya. Semoga lancar dan sukses

16 Jul
Balas



search

New Post